Assaalamu'alaikum ternyata tidak dapat diganti dengan kalimat apapun. Ini dia penjelasannya..


Assaalamu'alaikum ternyata tidak dapat diganti dengan kalimat apapun. Ini dia penjelasannya berdasarkan Al Qur’an & Hadist.

Tuntunan Manusia Terbaik (Rasulullah s.a.w)

Rasulullah saw. bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian bertemu dengan saudaranya, maka hendaklah dia mengucapkan salam (Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh). Jika keduanya dipisahkan oleh pohon, dinding, atau batu, lalu bertemu kembali, maka hendaklah dia mengucapkan salam lagi.” (HR. Abu Dawud)

Bukan Basa-Basi, Karena Bernilai Pahala Dan Keberkahan

Diriwayatkan oleh A’mran bin Hussaini: “Seorang lelaki datang kepada Nabi s.a.w. dan berkata, ‘Assalamualaikum’ . Maka Rasulullah (s.a.w.) menjawab salam kemudian dia duduk. Maka Rasulullah berkata ‘sepuluh pahala’. Kemudian datang yang lain memberi salam dengan berkata ‘Assalamualaikum warahmatullah’ , lalu Rasulullah jawab salam tadi, dan berkata ‘dua puluh pahala’. Kemudian datang yang ketiga terus berkata ‘Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh’. Rasulullah pun menjawab salam tadi dan terus duduk, maka Rasulullah berkata ‘tiga puluh pahala’. (HR. Abu Daud & Tirmidzi)

Anas bin Malik ra. memberitahukan, Rasulullah saw pernah bersabda kepadanya: ’’wahai anakku, jika kamu masuk ke keluargamu, maka ucapkanlah salam, niscaya akan menjadi berkah bagi kamu dan keluargamu.” (HR. Tirmidzi).

Kalimat Yang Juga Diucapkan Penduduk Surga & Malaikat

Dan di antara keduanya (penghuni surga dan neraka) ada batas; dan di atas A`raaf itu ada orang-orang yang mengenal masing-masing dari dua golongan itu dengan tanda-tanda mereka. Dan mereka menyeru penduduk surga:” Salaamun `alaikum”. Mereka belum lagi memasukinya, sedang mereka ingin segera (memasukinya). (QS: Al A’raaf: 54) 

(yaitu) surga Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang shaleh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;(sambil mengucapkan): “Salamun `alaikum bima shabartum”. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu. (QS: Ar ra’d: 23-24) 

Pesan Perdamaian Dan Kasih Sayang

Dengan mengucapkan Assalamu`alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh (semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat, dan berkah kepadamu) berarti kita telah menunjukan rasa kasih sayang yakni dengan cara mendoakan saudara kita pada kebaikan, rahmat serta keberkahan.

Rasulullah saw. bersabda: “Kalian tidak akan masuk surga sehingga kalian beriman, dan kalian tidak beriman sehingga kalian saling mencintai. Tidakkah kalian mau aku tunjukkan sesuatu yang apabila kalian kerjakan akan menjadikan kalian saling mencintai? Yaitu sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR.Muslim)

Mendatangkan Cinta Allah SWT

Ibnu Umar ra. mengatakan, Rasulullah saw. bersabda: “Apabila dua orang muslim bertemu lantas salah satunya memberi salam kepada yang lain, maka yang mendahului mengucapkan salam lebih dicintai Allah SWT dan wajahnya lebih berseri-seri dari temannya itu. Apabila keduanya berjabat tangan, maka Allah akan menurunkan seratus rahmat kepada keduanya, (dengan ketentuan) bagi yang memulainya mendapat 90 rahmat dan yang diajak berjabat tangan mendapat 10 rahmat.” (HR. Tirmidzi)

Download PDF artikel diatas: DOWNLOAD PDF

Post a Comment

0 Comments