Semangat Memperbaiki Diri


Memperbaiki diri merupakan perkara yang besar, penting dan sekaligus kewajiban pertama serta asasi (pokok) dalam kehidupan setiap muslim dan muslimah terkhusus lagi untuk seorang aktivis dakwah.
Perbaikan diri secara serius akan berdampak kepada lintasan pikirannya, perkataan, tindakan dan perasaan yang meliputi segala aktivitasnya, sehingga sesuai dengan kehendak-kehendak Allah SWT.

Perbaikan diri itu meliputi, aqidah yang benar/murni  dan kokoh sebagai dasar dan tujuan hidup. Kemudian, ibadah yang benar yaitu bukan hanya shalat 5 waktu tapi juga menjadikan seluruh aktivitas kehidupan ini diniatkan karena Allah dan bertindak sesuai dengan kehendak-kehendak Allah SWT. Selanjutnya, berlatih membentuk akhlaq yang baik sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW, kemudian semangat belajar agar kemudian wawasannya luas dan mendalam tentang Islam serta tentang dunia islam dulu dan sekarang, kemudian juga menjaga kesehatan jasmani, membiasakan disiplin dalam segala urusan, dan banyak menggunakan / menghabiskan waktunya dalam kemanfaatan. 

Referensi : Fiqih Dakwah Mushthafa Masyhur

Post a Comment

0 Comments